Kamis, 30 Maret 2017

Cara Untuk Mengobati Ambeien Menggunakan Bahan Alami


Cara Untuk Mengobati Ambeien Menggunakan Bahan Alami_Ambeien atau Wasir adalah pembesaran pembuluh darah yang terletak di bagian bawah rektum dan anus. Pembuluh darah ini akan menjadi bengkak karena adanya peningkatan tekanan dari dalam, biasanya dikarenakan tegang pada waktu duduk di kursi dan bisa juga terjadi pada ibu yang sedang mengandung dimana selama kehamilan terjadi tekanan dari rahim yang membesar.

Ambeien Atau Wasir Di dalam istilah kedokteran disebut juga dengan istilah hemorhoids. Gangguan ini terjadi dikarenakan pembuluh darah di daerah anus melebar akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh yang melebar tersebut akan ditutupi selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos yang lama kelamaan membengkak hingga membentuk tonjolan.

Secara anatomi sebenarnya ambeien bukanlah suatu penyakit melainkan terjadinya perubahan pada bantalan pembuluh darah di daerah dubur. Di mana pada bagian dubur terdapa tiga pembuluh darah atau arteri. Jika salah satunya terganggu atau terdapat bendungan aliran darah maka pembuluh tersebut akan melebar atau disebut dengan membengkak.

Pada dasarnya ketika berbicara mengenai Ambeien atau wasir, ada dua jenis wasir yang harus anda ketahui. Pemahaman lebih mendalam mengenai penyakit wasir akan berguna untuk menambah pengetahuan anda.

Ketika anda tahu mengenai Ambeien atau wasir, anda dapat segera melakukan upaya untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Jenis Ambeien atau wasir yang pertama adalah Ambeien atau wasir dalam (internal). Pada penderita Ambeien atau wasir tipe dalam, maka daerah pembuluh darah di anus akan tertutup oleh selaput lendir yang basah. Ketika tidak dilakukan penanganan dengan segera, maka akan muncul tonjolan yang keluar dari dubur. Pada umumnya penderita tidak akan mengalami rasa nyeri ketika mereka menderita wasir dalam. Rasa sakit biasanya timbul ketika terjadi pendarahan. Pendarahan sendiri dapat terjadi dikarenakan adanya tekanan berlebih pada urat darah halus dan gesekan dengan tonjolan yang ada di kulit. Pada beberapa kasus pembengkakan yang terjadi dapat hingga sangat besar. Ada beberapa kasus menunjukkan pembengkakan terjadi hingga sebesar bola tenis.

Tipe yang kedua dari Ambeien atau wasir adalah Ambeien atau wasir luar. Area yang diserang oleh wasir adalah area anus. Pada umumnya penderita akan mengalami rasa sakit, gatal, hingga perih. Ketika terdorong, maka dapat teejadi penggumpalan atau yang biasanya disebut dengan trombosis. Trombosis akan membuat ambeien berubah warna menjadi biru keungu-unguan. Biasanya anda dapat melihat wasir luar karena bentuknya menonjol keluar.

Artikel Terkait:

Penyebab wasir atau ambeien

Cara Untuk Mengobati Ambeien Menggunakan Bahan Alami_Wasir dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk yang sering kita lakukan tanpa menyadari dampak buruknya. Beberapa kebiasaan tersebut, antara lain:
  • Terlalu banyak duduk
  • Diare menahun
  • Kehamilan
  • Keturunan penderita wasir
  • Hubungan seks yang tidak lazim
  • Penyakit yang membuat penderita sering mengejan saat buang air besar
  • Sembelit/kontstipasi/obsitpasi menahun
  • Penekanan kembali aliran darah vena, dan lain lain
Sebenarnya penyebab ambeien belum pasti asalnya dari mana, hanya saja ada beberapa faktor penunjang yang di percaya menjadi penyebab ambeien. Berikut beberapa faktor yang terkait dengan ameien tersebut:
  1. Seseorang terkena ambeien mungkin karena kekurangan serat dan air namun tinggi protein penyebab obtipasi kronis dan mengedap saat buang air besar.
  2. Biasanya terjadi pada mereka yang telah berusia lanjut. Hal ini terjadi karena degradasi jaringan tubuh mereka dimana otot sphincter dan atoninya menurun.
  3. Penyebab ambeien juga bisa karena faktor keturunan. Ini biasanya karena dinding pembuluh dalam darah seseorang lemah dan sangat tipis.
  4. Obesitas ternyata berdampak pada meningkatnya tekanan direktum
  5. Melemahnya katup vena di daerah anorektal serta pleksus hemoroidalis yang kurang mendapat sokokngan dari otot sekitarnya.
  6. Terlalu banyak duduk, terlalu banyak berdiri, kurang beraktifitas, serta mengangkat barang dengan berat yang berlebih sebenarnya menjadi salah satu penyebab ambeien.
  7. Seseorang yang sedang diare dapat mneyebabkan lecet serta peradangan pada dinding rektum dan anus
  8. Pada kehamilan yang lebih muda juga sering terjadi ambeien akibat hormon progesterone yang memiliki efek relaksasi dinding vena di anus, berat uterus, bendungan vena pelvis serta kontipasi
Beberapa penyebab ambeien di atas ini lah yang seharusnya di hindari bagi anda yang tidak terkena ambeien agar jangan sampai terkena. Semoga informasi mengenai penyebab ambeien bisa bermafaat bagi anda tentunya.

Artikel Terkait:

Obat Tradisional untuk Ambeien/Wasir

Menggunakan bahan-bahan alami merupakan salah satu jalan penyembuhan yang bisa diracik sendiri tanpa harus mencampurkan dengan bahan kimia, dan bahan-bahan tersebut, ialah:

-Daun sirsak

Daun sirsak sangat baik bagi kesehatan tubuh karena kandungan yang dimilikinya ini dapat menghilangkan bengkak pada anus atau ambeien. Cara dari treatment ini ialah dengan memilih beberapa lembar daun sirsak, lalu dicuci sampai bersih. Tambahkan sedikit air bersama beberapa lembar dari daun sirsak untuk dipanaskan hingga matang. Setelah itu, air disaring dan bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat. Mengkonsumsi minuman herbal ini, sebaiknya rutin setiap pagi. Dengan proses yang teratur memberikan peluang semakin besar untuk sembuh dengan segera.

-Kulit manggis

Menggunakan kulit manggis sebagai pengobatan ambeien yang alami ini, dapat diterapkan seperti menggunakan daun sirsak. Yaitu pada proses pemilihan kulit manggis yang telah dicuci dan dimasak bersama beberapa air. Masak sampai matang dan bisa disajikan sebagai obat wasir yang ampuh. Pada pola pengonsumsian ini juga harus rutin, seperti pada setiap pagi hari.

-Akar Jeruk Nipis

Ambillah akar jeruk nipis secukupnya lalu dicuci sampai bersih. Panaskan bersama air putih hingga mendidih. Saat air tersebut matang, biarkan terlebih dahulu hingga dingin. Saring air dan minum setiap satu gelas saja dalam sekali minum. Bilamana masih tersisa, bisa diminum pada waktu berikutnya.
-Daun Jambu Biji

Dari hari ke hari, sepertinya mata kita semakin terbuka, seolah-olah manfaat daun jambu biji ini tak ada habisnya. Baru tadi kita membahas salah satu obat untuk sakit perut menggunakan daun jambu biji. Sekarang, kita harus menggunakan daun jambu biji untuk mengobati ambeien. Caranya cukup mudah, ambil pucuk daun jambu biji secukupnya, lalu ditumbuk bersama dengan sebuah pisang batu. Peras airnya lalu diminum.

-Bawang Putih

Sama seperti daun jambu biji, manfaat bawang putih juga seolah tak ada habisnya. Tadi, kita sudah memanfaatkan bawang putih sebagai obat untuk meredakan sakit pinggang, sekarang kita akan menggunakan bahan yang sama untuk mengobati wasir. Ambil beberapa siung bawang putih, kupas dan haluskan. Oleskan ramuan tersebut pada sekitar anus. Lakukan secara rutin setiap hari sampai sembuh.

-Tanaman Pegagan/Kaki Kuda

Tanaman pegagan atau sering disebut juga sebagai kaki kuda, merupakan tanaman rumput liar yang biasa tumbuh di kebun dan pekarangan rumah. Meski begitu, ini merupakan tanaman berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Termasuk mengobati ambeien. Satu genggam tanaman pegagan beserta akarnya dicuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air selama 5 menit. Setelah dingin, airnya disaring dan air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, sebanyak 1 gelas setiap kali minum.

-Daun Komfrey

Pilih daun komfrey yang telah dicuci sampai bersih, lalu dicampurkan dengan garam dan diremas-remas. Daun dan garam ini bisa dikonsumsi sebagai menu lalapan, cukup sehari satu kali saja secara rutin. Bila tak suka dengan lalapan, bisa merebus daun konfrey sampai matang, diamkan sampai dingin, lalu minum satu gelas saja, sisanya untuk waktu selanjutnya. Dalam artian satu kali minum hanya satu gelas saja.

-Daun Sosor Bebek

Sosor bebek merupakan salah satu tanaman hias yang bermanfaat untuk mengobati ambeien. Ambil 50 lembar daun sosor bebek, cuci bersih lalu dikeringkan. Setelah benar-benar kering, lalu ditumbuk hingga halus. Ambil bubuk daun sosor bebek sebanyak 1 sendok makan, lalu seduh dengan 3/4 gelas air panas. Aduk dan diminum selagi hangat. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari sampai sembuh. Agar rasanya lebih enak, bisa menambahkan 1 sendok makan madu ke dalam air seduhan.

-Tanaman Adas

Adas merupakan tanaman yang tumbuh di daerah pegunungan atau tempat berhawa sejuk. Bersama bahan-bahan lainnya, adas dapat mengobati masalah ambeien atau wasir. Siapkan dulu bahan-bahannya berupa 3 sendok teh adas, 5 pucuk daun jambu klutuk, 10 cm pulasari. Semua bahan dicuci bersih dan dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal 1 gelas. Minum air rebusan ramuan tersebut 2 kali sehari, tiap pagi dan malam.

-Daun Wungu/Handeuleum

Daun wungu atau biasa disebut handeuleum oleh orang Sunda, tercatat sebagai obat tradisional untuk mengobati bisul. Tapi bisa juga digunakan sebagai obat ambeien. Caranya, rebus 15 lembar daun handeuleum, 1 ruas jari kunyit dan sedikit gula aren dengan 4 gelas air hingga tersisa kira-kira 2 gelas. Saring air rebusan tersebut lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas setiap kali minum.

-Daun Iler/Jawer Kotok/Miana

Daun iler mirip dengan daun wungu, dan ternyata keduanya sama-sama berkhasiat untuk mengobati ambeien. Sediakan 17 helai daun iler, 7 helai daun handeuleum (wungu/ungu), dan 1/2 cangkir daun pegagan/antanan gede. Semua bahan dicuci bersih kemudian dihaluskan dan tambahkan 1/2 gelas air, aduk rata. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut 1 kali sehari.

-Lempuyang Wangi

Tanaman lempuyang bisa digunakan untuk mengobati cacingan pada anak. Tapi ada juga yang menggunakannya sebagai obat sakit maag tradisional. Dan kali ini kita juga akan memanfaatkan tanaman herbal ini untuk menagtasi penyakit ambeien. Ambil 3/4 jari lempuyang kemudian dicuci bersih dan diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan garam secukupnya. Peras airnya, lalu minum 2 kali sehari sebanyak 1 sendok makan sekali minum.

Mengatasi ambeien akan lebih mudah bilamana diterapkan secara rutin dan seimbang, dimulai dari perawatan dari dalam dan dari luar. Terlebih lagi dalam tindakan untuk menjaga dan menerapkan pola konsumsi atas menu makanan yang berserat. Hal ini bertujuan untuk menjadikan proses buang air besar menjadi ringan dan lancar. Menjaga pola nutrisi juga baik bagi proses penyembuhan ambeien ini.

Sumber:
http://kembalisehatdenganobatherbal.blogdetik.com/2017/03/16/cara-mengobati-wasir-menggunakan-bahan-herbal
https://medium.com/@oledenature/cara-untuk-mengobati-ambeien-menggunakan-bahan-herbal-5dd52ab64baa#.imst52ccl
https://oledenature.jimdo.com/2017/03/15/cara-buat-mengobati-wasir-menggunakan-bahan-herbal/

Cara Untuk Mengobati Ambeien Menggunakan Bahan Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar